Senin, 16 April 2012

Tips Menjaga & Merawat Laptop Supaya Awet

Halooo..

Tak bosan2nya saya memposting nih sahabat (hehehehehehehe). Maklum lah lagi gak ada kerjaan.
Heemmmmmm,,,untuk kali ni lagi postingan saya tidak tentang pemrograman.
Tapi tentang bagaimna merawat laptop ato notebook agar awet.. 
Ato bisa dikatakan kondisi bagus lah..

Sebenarnya tipsnya nih gampang n simple sih tp klo gk ada niat n kemauan laptop pun bisa korban.(heheheheehe).
Maka dari itu gk salah klo sahabat semua mengikuti saran ini n meniatkan dlm hati buat melakukankannya,,niscaya laptop teman2 tidak hancur..
Beginilah tipsnya :
  • Tidak boleh Meletakkan Laptop/Notebook di lantai

    Debu yang beterbangan di lantai bisa merusak laptop/notebook. Jauhkanlah dari anak kecil dan binatang peliharaan. Resiko terinjak akan sangat besar.


  • Bersihkan secara rutin

    Ini yang sering tidak dilakukan oleh pemilik laptop/notebook. Membiarkan laptop/notebook dalam keadaan kotor sama saja dengan mempendek umurnya. Usahakan secara rutin bersihkan layar dan keyboardnya.

  • Jauhkan dari air

    Air adalah musuh terbesar dari semua peralatan listrik Jadi hindari makan dan minum di dekat laptop Anda. Apalagi sampai menaruh minuman dekat dengan laptop. Jika, anda bepergian keluar kota dengan sepeda motor dan harus membawa laptop, bila hujan pastikan tas laptop Anda Anti-Air atau lebih mudahnya sediakan kresek (Jangan di anggap sepele masalah ini).

  • Gunakan stabilizer listrik
     Bagi anda yang gemar bekerja dengan laptop/notebook tapi dengan melepas baterai ada baiknya tambahkan stabilizer. Stabilizer berfungsi untuk menjaga arus yang tidak stabil masuk ke laptop/notebook anda. Sehingga kenyamana anda bekerja dengan laptop terus terjaga.

  • Hati-hatilah Membawa Laptop/Notebook dalam tas

    Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesaign untuk laptop/notebook. Jangan gunakan sembarang tas yang tidak mempunyai bantalan khusus buat laptop/notebook. Mungkin tas untuk ini harganya agak mahal. Tapi sepadan dengan fungsinya untuk melindungi.


  • Jangan Makan dan Minum dekat Laptop/Notebook

    Hindarilah makan atau minum di dekat laptop/notebook. Cairan atau makanan bisa saja tanpa sengaja tumpah dan bisa mengenai keyboard dan masuk ke komponen. Kalau sampai komponen di dalam rusak, maka biaya untuk menggantinya sangat mahal.

  • Hati-hatilah Download Software

    Usahakan untuk memakai software yang sudah ada dalam paket pembelian laptop/notebook anda, untuk menghindari virus yang merusak. Download software di internet, kalau tidak berhati-hati tanpa dukungan antivirus yang memadai dan ter update dengan baik sebaiknya tidak dilakukan.

  • Jangan Bongkar Laptop/Notebook

    Jika anda bukan seorang teknisi yang memang mengerti benar soal Laptop/Notebook jangan coba-coba untuk membongkarnya sendiri. Lebih baik kalau ada masalah, segera perbaiki di service center terdekat.

  • Hindarkan dari tekanan fisik berlebihan

    Tas yang berjejal dengan berbagai barang, termasuk laptop Anda, sangat berpotensi menimbulkan tekanan kepada laptop, akhirnya LCD laptop akan mendapat tekanan juga dan berpotensi retak dan pecah. Jadi, pastikan laptop Anda tidak berdesakan dengan barang-barang lain seperti buku-buku tebal dalam tas Anda.


  • Hindari radiasi elektromagnetik berlehihan

    Sumber utamanya adalah handphone Anda. Dianjurkan untuk tidak meletakkan handphone diatas laptop Anda. Karena saat ada panggilan maupun SMS, radiasi elektromagnetik HP meningkat dan akan merusak chip dalam laptop yang sangat sensitif dengan radiasi elektromagnetik. Dalam waktu yang lama, radiasi HP diatas laptop akan menimbulkan kerusakan pada keyboard.

  • Pakailah cooling pad


          Panas yang berlebihan karena penggunaan yang sangat lama akan menurunkan daya tahan komponen    laptop terhadap kerusakan akibat panas. Oleh karena itulah belilah kipas pendingin laptop.






Itu saja tips yang saya posting buat teman2 semua.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar